Tips cara menghilangkan rasa ke egoisan seseorang

Hambatan terbesar yang dihadapi seseorang ketika ia ragu melangkah, ternyata terdapat dalam diri manusia sendiri . rasa takut, khawatir yang berlebihan,merasa tidak mampu, malu egois, rendah diri adalah sejumlah penyakit hati dan kelemahan jiwa yangs ering dialami oleh manusia, akibatnya kita tidak pernah akan melakukan apapun, tidak pernah mersakan apapun dan tidak akan pernah menjadi siapa – siapa, tapi kebanyakan penyakit hati yang dialami seseorang adalah rasa keegoisannya akan dirinya sendiri.
posting kali ini akan membahas tentang tips mengurangi rasa keegoisan seseorang, klow menghilangi kyakke blom teu tuh carane.. :D karena setau aku tuh setiap manusia pasti mempunyai sifat ke egoisan.. ya gak?? :D


Kemaren saat aku bermaen kerumahnya temen aku, saat itu gak tau kenapa tiba – tiba obrolan kita menjurus suatu masalah ke sikap egoisannya seseorang, hal ini yang membuat aku menyelesaikan postingan ini tentang membahas cara menghilangkan sikap ke egoisan pada diri kita sendiri. Pada dasarnya sikap ke egoisan seseorang akan tumbuh pada saat dirinya merasakan bahwa dirinya mempunyai lebih segalanya dari orang lain (Sombong maupun watak keras seseorang) tak mudah merendahkan hatinya sama tiap orang yang ada di sampingnya.

Sebenarnya menhilangkan rasa egois pada diri kita itu tidak lah sulit bagi seseorang yang mampu melihat kebawah, masih banyak orang laen yang tidak seperti dirinya itu sendiri, orang yang egois biasanya akan merasa paling mengetahui dalam segala hal, akibatnya dia tidak akan pernah menerima masukan dari orang lain, karena di anggapnya bahwa itulah yang terbaek buat dirinya (awal dari watak kerasnya seseorang). Dari itu untuk memperbaiki kelemahan dari sikap ke egoisan itulah kita membutuhkan koreksi dan masukan dari orang lain.

Orang yang egois akan selalu memikirkan dirinya sendiri, lalu hasilnya pun juga untuk diri sendiri, oleh karena itu moga aja Tips aku ini bisa bermanfaat bagi orang yang ingin mengurangi / menghilangkan sikap keegoisan pada dirinya. Menurut aku jika kita menanam kan keyakinan dalam diri kita, bahwa : “jika saya tidak berubah, maka saya akan rugi” dan “jika saya tidak mengubah diri maka saya tidak akan bisa mengubah apapun / siapa pun” dan “jika saya tidak mengubah diri berarti saya akan menghancurkan hidup saya secara perlahan – lahan”.

Jadi menurut aku seh kalau kita berharap begitu maka kita akan terus mencari dan mencari terus apa yang harusnya di ubah pada diri kita, jadi kita harus punya keberanian untuk mengetahui kekurangan pada diri kita sendiri dan jika kita berani melihat kekurangan pada diri kita sendiri, bertanya tentang kekurangan itu secara sitematis, lalu dia buat system untuk melihat kekurangan dirinya. Itulah hal yang akan bisa memberi diri kita untuk mengurangi rasa ke egoisan kita. 

Orang yang mempunyai rasa egois gitu pikirannya tidak pernah merasakan kelapangan dan ketenangan, belum apa – apa sudah resah, gundah, gelisah, melihat seseorang selalu dibawahnya dan hatinya tertutup untuk mendapat masukan dari orang lain. Oleh karena itu menjadi sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga rasa egois pada diri kita, dengan begitu tali kasih saying akan lebih mudah terjalin erat dalam wujud persahabatan dan persatuan yang indah dan abadi.. 

Duh, Cuma itu tok yang aku ngerti dari sifak Egois itu, meskipun aku ndiri juga sulit untuk menghilangkan sifat ke egoisan aku ndiri tapi kita harus selalu berusaha semampu apapun untuk menghilangkan sifat keegoisan kita. Moga bermanfaat.. 



5 komentar:

  1. Wuih, pas banget Rie ma kondisi aku saat ini. Makaci ya tipsnya. Semoga dgn bantuan tips kamu, aku bisa me-manage keegoisanku.

    BalasHapus
  2. thanks bgt ya atas saran yg di berikan.

    BalasHapus
  3. thank eah...q dah coba cara yang lain...q kan coba cara ini...

    BalasHapus
  4. lha carane ngerubah tu piye kok ndak di jelasin toh???

    BalasHapus