Mengatasi HP android lemot

mengatasi HP android yang lemot, itu biasanya ada beberapa kemungkinan. memori internal telepon sisa sedikit, terlalu banyak aplikasi yang saat itu sedang berjalan dan menghabis kan prosesor telepon, ada aplikasi yang berjalan tidak sempurna sehingga memberatkan sistem, sms terkadang kepenuhan dll. tetapi semua itu akan bisa kita atasi. mau tau caranya?? lanjut yuk.. MySpace


perlu kita ketahui sebelumnya :
Aplikasi android yang berjalan di background atau sedang standby sebenernya tidak akan memberatkan sistem atau membuat handphone lambat/lemot selama aplikasi - aplikasi tersebut tidak menggunakn processor (CPU)

setelah di atas saya bahas dikit tentang penyebab nya sering kali android kita lemot, berikut penyelesaiannya.

yang pertama kita lakukan adalah membersihkan cache dari setiap aplikasi yang terinstall. untuk membersihkannya kita dapat menggunakan aplikasi history eraser.
1. download dan install aplikasi History eraser dari android market.
2. beri tanda centang pada tulisan "clear All Apps Cache" lihat gambar di bawah.


3. klik Clean Selected
Catatan : Perhatikan dimana kita memberi tanda centang, contohnya jangan memberi tanda centang pada bagian SMS jika anda tidak ingin menghapus SMS yang tersimpan.

Yang kedua adalah dengan cara meng-uninstall aplikasi-aplikasi Android yang tidak terlalu diperlukan. Berikut dua keuntungan jika Anda hanya menginstall aplikasi-aplikasi yang benar-benar diperlukan saja:
  • Bila tidak terlalu banyak aplikasi yang terinstall, maka sisa memori telepon akan semakin banyak. Pada umumnya handhone Android yang memori internalnya tidak kepenuhan akan bekerja lebih baik atau stabil.
  • Semakin sedikit aplikasi yang terinstall, maka kemungkinan terjadi masalah yang diakibatkan oleh aplikasi semakin kecil.
Aplikasi-aplikasi yang dibuat hanya untuk keindahan saja, misalnya live wallpaper, launcher dengan efek animasi 3D, font changer (mengganti tampilan huruf), dll bisa menyebabkan processor handphone bekerja ekstra dan membuat ponsel Android menjadi lambat. Jadi bila Anda ingin hp Anda menjadi cepat kembali saat digunakan untuk mengetik, disarankan agar menguninstall aplikasi-aplikasi tersebut.
Bila Anda merasa sayang atau tidak rela untuk menguninstall aplikasi-aplikasi yang tersimpan saat ini, maka Anda perlu mengingat-ingat handphone menjadi lambat setelah menginstall aplikasi Android apa. Jika sudah ingat, maka Anda hanya cukupuninstall aplikasi tersebut saja dan perhatikan apakah saat digunakan mengetik sudah normal kembali atau tidak lemot.
Sebagai informasi, Anda dapat membackup dulu aplikasi sebelum di uninstall. Jadi sewaktu-waktu diperlukan, aplikasi tersebut dapat diinstall kembali. Informasi lebih lanjut dapat membaca artikel: Cara Backup aplikasi Android.
Cara ketiga adalah dengan menginstall aplikasi Watchdog Task Manager. Dengan aplikasi ini Anda dapat memantau aplikasi mana saja yang menggunakan CPU secara berlebihan. Bila ada suatu aplikasi yang menggunakan lebih dari 20% CPU, padahal aplikasi tersebut tidak terlalu penting, maka sebaiknya aplikasi tersebut di “kill” atau dimatikan.
sumber : http://harga-hp.com/

1 komentar: