Menambahkan background music pada website

kebetulan lagi ngerjain website aplikasi analisa tes otak dan kepribadian milik psikologi pendidikan dan bimbingan prodi BK di UNESA (Universitas Negeri Surabaya) :-z tapi minta nya ini aplikasi di tambahkan dengan background music intrument, ya udah karena gue dikit lupa ama codingannya gue searching deh di om google, akhirnya nemu juga, moga aja bermanfaat.

1.
File-file Sound MIDI, yaitu yang dihasilkan oleh alat synthesizer music instrument. Biasanya musik yang dihasilkan ini berupa instrumentalia, dan menggunakan file-extension .mid . File size dari sound MIDI tersebut relatif kecil ( tidak pernah lebih dari 50 kbyte), sehingga waktu proses down-loadingnya relatif singkat. Dan juga biasanya digunakan untuk ring-tone HP (polyphonic).
2.
File-file sound WAV, yaitu hasil transfer sound dari piringan hitam, CD atau dari MP3. File musik yang berupa WAV adalah suara musik asli (plus vocalis). Tentu saja file sizenya relatif besar bisa mencapai 500 kbyte tergantung durasi dari musik yang direkamnya. Dan memerlukan waktu proses downloading yang agak lama. Kalau Anda menggunakan modem internet 56 kbps, dalam bandwith yang normal, untuk mendownload file sebesar 500 kbyte kira-kira memerlukan waktu 3 menit.


MUSIK FORMAT MIDIJUDUL LAGU: ENDLESS LOVE
MUSIK WAVJUDUL LAGU: RELEASE ME

Halaman-halaman web-site Anda akan lebih semarak dan interaktif apabila disertai dengan background musik. Terutama untuk halaman-halaman yang berisi sajak-sajak atau puisi, akan terasa lebih menyentuh dan romantis.
File-file musik yang bisa di embedded (ditempelkan) pada halaman HTML diantaranya:





Anda bisa melihat contoh halaman website yang dilengkapi dengan background musik MIDI pada: http://www.geocities.com/sumarnoid/files/souldierofortune.htm
Pada halaman yang sedang Anda baca ini dilengkapi background musik dengan format WAV. Mainkan saja (klik tanda play pada gambar media player diatas itu.) Mengapa untuk memainkan sound WAV saya menggunakan media player? Karena pada waktu downloading musik tidak akan mengganggu proses downloading halaman html-nya. Sementara menunggu file sound sedang di download, pengunjung Anda bisa membaca/melihat-lihat halaman html Anda.

File musik MIDI maupun WAV bisa Anda dapatkan di situs-situs internet melalui search engine. Sebagai contoh anda bisa men down-load file-file musik saya dibawah ini:




CARA MEMBUAT BACK GROUND MUSIK MIDI PADA HTML : 


 Pertama save file musik midi Anda kedalam folder/direktori dimana halaman html yang akan diberi background tersimpan. Bilamana perlu rename nama file sesingkat mungkin dan jangan menggunakan spasi. Disini saya mengambil contoh file musik : endlesslove02.mid Back ground musik akan play secara otomatis tanpa menggunakan plug-in player . blok terlebih dahulu kode-kode HTML dibawah ini:







Kemudian COPY , selanjutnya PASTE ke halaman HTML anda. Terlebih dahulu buka file html yang akan diberi background musik menggunakan HTML-editor atau mengunakan Note Pad.
Paste kode tersebut diantara : ...<head><title>...Sehingga kode html tersebut seperti dibawah ini :


<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 4.01 Transitional//EN">
<html>
<head>
<bgsound src="endlesslove02.mid" loop="-1">
<title>Endless Love



Kalau Anda merubah nama file sound/musik atau menganti dengan file midi yang lain, ganti juga nama file "endlesslove02.mid" sesuai dengan nama file seperti yang telah Anda rubah. (tanda petik " jangan dihilangkan !). Save file html Anda. Untuk mencobanya, buka halaman html tersebut menggunakan browser.


Sumber : http://sumarno_may.tripod.com/cgi-bin/htmfiles/mediaplayer.htm 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar