Menghapus Salah Satu OS saat Komputer dinyalakan

Pada posting kali ini saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa yang saya maksud dengan daftar OS pada boot. Biasanya jika teman - teman menggunakan dua operating system, misalnya Windows XP Home Edition dan Windows XP Professional, maka pada saat booting  teman - teman akan dihadang 2 buah pilihan OS, kemudian ketika  teman - teman logon tinggal pilih salah satu dari Windows. hal tersebut di karenakan ada penginstalan salah satu windows yang gagal tanpa melakukan format!  Caranya adalah dengan menghapus operating system itu dari daftar boot. Berikut Cara Menghapus Salah Satu OS saat Booting di windows XP. atau bahasa awam nya menghapus salah satu OS saat komputer mulai di nyalakan. :-d



Yang akan  teman - teman lakukan sekarang adalah membaca dan memahami postingan saya kali ini. :-x bercanda, yang harus di lakukan adalah mengedit file boot.ini untuk menghapus salah satu OS, karena Windows menyimpan daftar operating system pada sebuah file yang terletak pada drive C:boot.ini. 

Berikut Cara Menghapus Salah Satu OS Komputer di windows XP : :-a
  1. Buka file boot.ini yang teletak di C:boot.ini
  2. Buka saja melalui Run, Ketik c:boot.ini
  3. File boot.ini defaultnya akan terbuka di notepad.
  4. Backup file boot.ini dengan membuat sebuah copy dari file tersebut.
  5. Tentukan OS yang akan dihapus.
  6. Kali ini yang  teman - teman hapus adalah Windows XP Home maka cari tulisan : multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(2)WINDOWS=”MicrOSoft Windows XP Home Edition” /noexecute=optin /fastdetect /usepmtimer :
  7. Bila tulisan seperti diatas sudah ketemu, hapus saja.
  8. Simpan file boot.ini tersebut.
  9. Restart komputer  teman - teman .
  10. Selamat Mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar