Cara Mengatasi Insomnia Susah Tidur

kalau sudah mengidap penyakit yang satu ini rasanya mau jontorin kepala ke tembok ketika tengah malam tiba, biar bisa langsung tidur.Arie ["yang ada malah pingsan tong"] bener - bener menyebalkan.. semalam saya sempet di bikin nya pusing gara - gara gak bisa tidur, padahal sudah jam 1, sedang saya mulai rebahanya sekitar jam 11, mana jam 3.30 harus sudah kudu bangun untuk sahur. Ariemaka dari itulah saya akan coba memberikan beberapa tips tentang bagaiaman cara mengatasi penyakit insomnia susah tidur ini.

1) Jangan membawa masalah ke tempat tidur.
Sepele – tapi banyak sekali kasus insomnia diawali stress, di mana penderitanya memikirkan banyak hal, banyak masalah sebelum tidur. Adapun seorang member yang curhat di forum waktu itu, dia juga berkata kalau “pikirannya melayang ke mana-mana, mencemaskan ini dan itu ketika dia berbaring di ranjang”. Padahal sebenarnya, membawa stress sebelum tidur memancing tubuh kita untuk memproduksi kortisol yang memicu adrenalin – akibatnya tubuh kita jadi alert, termasuk jantung berdebar-debar, mata sulit terpejam, dan akhirnya terjadilah susah tidur itu.
Tenangkan diri sebelum tidur, dan kalau perlu berdoa, “ya Tuhan, masalah saya besar, tapi Engkau lebih Maha Besar. Bantulah saya dan berilah saya kekuatan”

2) Menghitung Nafas
Sebetulnya ini masih teknik meditasi, hanya saja dilakukan di tempat tidur pas gelap. Dan tahu nggak sih, kalau Anda melakukan ini, otak Anda akan secara otomatis memproduksi gelombang otak dengan frekuensi lebih rendah – gelombang alfa (sangat rileks), yang memudahkan Anda lanjut ke fase gelombang tetha (jatuh tertidur tanpa disadari). Dari melakukan ini saja, akhirnya temen - temen jadi berhenti pecicilan nggak jelas di atas tempat tidur dan bisa langsung tidur hanya dalam sekitar 10 menit setelah berbaring, walaupun nggak terlalu ngantuk. Ini dia :

  • Kosongkan pikiran Anda dari hal apapun. Pejamkan mata saja.
  • Fokuskan pikiran hanya pada nafas. Lakukan selama beberapa menit. Usahakan jangan terlalu banyak gerak-gerak.
  • Selama beberapa menit, Anda akan melihat “dream snapshot” atau semacam lintasan-lintasan sekilas gambar mimpi, mulai muncul ke pikiran Anda. Ini adalah tanda Anda akan memasuki fase tetha. Kalau ini sudah terjadi, fokuskan pikiran Anda sekarang ke “dream snapshots” tersebut. Perhatikan warna apa yang Anda lihat, gambar apa, atau kilasan apa yang Anda alami. Setelah ini biasanya Anda akan jatuh tertidur.

3) Minum susu
Minum susu 30 menit sebelum tidur akan membantu tubuh memproduksi melatonin, yang membantu tubuh untuk rileks dan mempersiapkan tubuh untuk tidur.

4) Ritual sebelum tidur
Misalkan Anda merasa masih jauh dari mengantuk, Anda bisa melakukan sesuatu untuk kegiatan pengantar tidur seperti membaca buku, atau mendengarkan lagu slow untuk nina bobo….supaya terpancing untuk mengantuk.

Sumber : http://theopage.net/2012/05/26/insomnia-5-cara-ampuh-mengatasi-sulit-tidur/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar