Cara Mengetahui Driver Chipset laptop

hadeh,Arie repot nya minta ampun.. begini ceritanya, barusan cewek saya beli laptop TOSHIBA NB510 kosongan belum ada OS, nah dan waktu di install cewek saya minta untuk di Instal dengan OS Windows XP. nah pada dasarnya laptop jenis tersebut recomended nya untuk windows 7, abagadabra dah, driver yang telah di berikan oleh toko nya pada kagak support untuk windows XP. lha terus bagaimana solusi saya untuk menangani masalah ini? salah satunya dengan cara cek dulu chipset driver laptop tersebut.

Chipset Chipset merupakan Chip (kumpulan IC) yang biasanya ada di Motherboard. Chipset ini mengkoordinasikan hubungan atau kerja antar berbagai komponen di motherboard. Biasanya terdapat 2 chipset di Motherboard, yaitu notrhbridge dan southbridge. Chipset Northbridge menghubungkan komponen seperti CPU/Processor, RAM (Memori) dan VGA (Kartu grafik), sedangkan southbridge menghubungkan beberapa komponen seperti PCI, Ethernet, USB, Audio dan lainnya yang biasanya lebih lambat.



Meskipun menjadi satu dengan motherboard, perusahaan pembuat chipset biasanya tidak sama dengan mothrboard. Sehingga kita bisa download chipset langsung dari perusahaan pembuat Chipset tanpa mengenal merk/tipe MOtherboard. Beberapa merk Chipset yang populer adalah NVIDIA, AMD (ATI), VIA, SiS dan Intel. Melihat fungsinya, jika driver Chipset ini tidak di install, biasanya kinerja komputer menjadi tidak maksimal, misalnya lambat, USB yang seharusnya mendukung kecepatan lebih tinggi (USB 2.0) tetapi hanya mendukung USB 1.0, audio bermasalah dan lainnya. Jika menggunakan Kartu grafik OnBoard, maka tanpa driver chipset, kerja grafis akan menjadi sangat lambat.


Oleh karena itu, setelah menginstall Sistem operasi, maka sebaiknya yang di install pertama kali adalah Driver Chipset ini. Dan biasanya bisa kita temukan pada CD Driver yang disertakan ketika membeli Motherboard/komputer. Cara Mendeteksi Tipe Chipset Jika kita belum tahu apa driver komputer/laptop yang digunakan, ada beberapa cara untuk mengetahuinya : Melalui buku manual yang disertakan ketika membeli komputer Melihat langsung tulisan/tipe di motherboard/hardware, kemudian mencari informasi di Internet. Menggunakan software dan salah satu yang terbaik adalah Everest.

semoga bermanfaat. Arie
Sumber : http://ebsoft.web.id/mengenal-chipset-dan-lokasi-download-driver-nya/


avatarAriePrastyo.Com
"Jangan mengeluhkan hidup kita, karena banyak orang lain yang masih memimpikan untuk hidup seperti kita, Selalu terima dan syukuri dengan apa yang telah Tuhan berikan kepada kita.".

Baca juga postingan yang ber Kategori di bawah ini :



2 komentar:

  1. intinya bisa apa kaga om NB510 di install xp...??

    link drivernya donk skalian...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, tapi kurang maksimal hasilnya... kalau saya sarankan mending pakek win 7 saja. hasil lebih maksimal. kemaren sempet aku coba untuk win 8, resolusi nya yang gak memadai, jadi beberapa aplikasi bawaan win 8 gak support..

      Hapus