Tips Sukses Melamar Kerja diBagian Administrasi

Rencana nya semester ini saya mau kerja. kuliah sambil kerja. #padahal udah semester akhir ini.. jadi bakalan sibuk - sibuk nya kuliah, ditambah lagi ada niatan mau kerja. :-q tuntutan hidup, demi memperpanjang masa aktif di dunia ini sebagai cowok tulen bin cakep dan udah mulai uzur wajib lah bagi saya untuk bekerja, meskipun belum Lulus kuliah dan hanya mengandalkan sebuah ijazah D3 ya gak papa lah, itung - itung mau cari pengalaman dulu.. Ariekebetulan ada informasi dari temen yang katanya ada lowongan Admin di MPM motor sedati sidoarjo, nah sedikit deh kambuh penyakit saya untuk share tentang Tips Sukses Melamar Kerja di Bagian Administrasi


Bagian Administrasi mempunyai kerja yang sangat penting, untuk mendukung kerja atasan atau bagian lain. Dan pengalaman kerja di bagian Administrasi akan memberikan peluang yang besar untuk jenjang karir yang lebih tinggi, karena dasar kerja perusahaan ada pada bagian Administrasi.

Semakin besar suatu perusahaan dan semakin komplek struktur organisasi dalam perusahaan, maka semakin banyak tenaga Administrasi dibutuhkan. Seperti bagian Gudang, Puchasing, Quality Control, Exim, Personalia, Teknologi Produksi ( Engenering ) , atau Maintenance ( Teknisi Perusahaan ).

Pada Bagian Administrasi membutuhkan pengetahuan yang baik , dimana semuanya bisa dipelajari asal ada kemauan seperti :
  1.  Dasar Komputer Excel maupun Word
  2.  Sedikit Bahasa English ( walaupun Pasif )
  3.  Ketelitian.

PERSIAPAN AWAL

  1. Cobalah untuk berlatih untuk berhitung ringan seperti perkalian, pembagian , pengurangan , agar dapat    menemukan cara cepat untuk menghitung.
  2. Untuk Persiapan melamar silahkan baca ulang untuk teknik melamar kerja.
  3. Yakinkan diri anda “ BAHWA ANDA MAMPU DALAM SEGALA HAL “


BAHAN PERSIAPAN UNTUK WAWANCARA ADMINISTRASI

LINGKUP KERJA BAGIAN ADMINISTRASI adalah :
  • ADMINISTRASI PENJUALAN : Melakukan pencatatan dan pembukuan semua transaksi penjualan harian disertai bukti penjualan,  bisa berupa nota penjualan atau yang lainnya.
  • ADMINISTRASI PEMBELIAN : Melakukan pencatatan dan pembukuan semua transaksi pembelian harian disertai dengan bukti pembelian bisa berupa nota pembelian atau yang lainnya.
  • ADMINISTRASI KANTOR UNTUK PERUSAHAAN PERDAGANGAN Untuk kerjanya tergantung dari sistem pengaturan dari manager , Ada yang mempunyai kerja hanya untuk administrasi ringan seperti pencatatan DATA atau membuat surat menyurat , tetapi ada perusahaan yang memasukkan tugas keuangan dan pencatatan stock gudang ke dalam kerja ADMINISTRASI.

Disini tugas Administrasi menjadi lebih luas , seperti : Mencatat semua stock gudang, bertanggung jawab terhadap keluar masuk barang ke sales, maupun yang memberikan uang saku ke sales.
Dari hasil pencatatan setelah diketahui atasan , laporan tersebut akan disampaikan ke Accounting.
  • ADMINISTRASI UNTUK PERUSAHAAN MANUFACTURE ( PABRIK )
    Sebenarnya prinsip kerjanya hampir sama baik perusahaan besar LOKAL atau perusahaan ASING. Pada perusahaan jenis ini kerja ADMINISTRASI menjadi sangat penting karena semua data harus dilakukan pencatatan dengan rapi , dan semua aktifitas harus dilakukan secara terschedule . Untuk menerangkan saat wawancara , bisa padukan dengan teknik dan tips menjadi AdmINISTRASI yang handal berikut.

nah setelah temen - temen lolos dan mulai kerja alangkah baiknya temen - temen melanjutkan baca nya tentang bagaimana agar sukses menjadi administrasi yang handal disini.Arie

Sumber : http://suksesmeraihkarir.blogspot.com/2012/03/tips-melamar-kerja-dan-sukses-kerja.html

1 komentar: