Teknik sukses bekerja menjadi admin handal

Dua hal pokok yang perlu diperhatikan agar kita bisa menjadi seorang yang bekerja di bidang administrasi dan menjadi handal. berikut beberapa teknik dan tips untuk sukses menjadi administrasi yang handal
Arie
TEKNIK PENATAAN FILE baik Penyusunan Hard copy maupun Soft copy. 
 Hard copy : file yang disimpan dalam bentuk nyata 
 Soft copy : File kerja yang disimpan dalam komputer. 

CATATAN PENTING : * Berfikirlah bahwa anda membuat atau menata file kerja bukan untuk diri anda sendiri tetapi untuk orang lain “. ARTINYA dimana atau siapapun yang akan mencari data yang anda sajikan untuk umum , mereka akan dengan mudah bisa dengan cepat menemukannya. 

CARA PENATAAN FILE : APLIKASI DI PERUSAHAAN JAPAN.
Kelompokkan data yang anda buat dalam urutan Adjat A ~ Z dan beri juga nomor urut dari angka 1 ~ sampai seterusnya, dengan TUJUAN bila file diambil atau hilang akan segera tahu file mana yang tidak ada di tempatnya. 


MEMAHAMI “ HORENSO “ ( HO-REN-SO )
 Horenso adalah Istilah bahasa Japan yang sering di aplikasikan dalam praktek sehari-hari.
  “ HORENSO '' ADALAH SYTEM INFORMASI ATAU PELAPORAN. 

 ASAL PEMBENTUKAN KATA : 
 “HO” dari kata HOUKOKU : Proses pelaporan “ segala sesuatu “ dari bawahan ke atasan atau sebaliknya. “REN” dari kata RENRAKU : Menginformasikan : menyampaikan INFORMASI sejelas-jelasnya  sampai ke tingkat yang paling bawah atau sebaliknya, sehingga informasi dapat di terima semua untuk diambil tindakan.
  “SO” dari kata SOUDAN : yaitu system konsultasi ( diskusi ) untuk penyelesaian masalah.


RANGKUMAN :
  1. Persiapan saat WAWANCARA : Luaskan dan  arahkan  fikiran anda, seolah-olah anda sudah bekerja di bagian Administrasi , seperti : Cara melakukan kerja administrasi , cara simpan bukti file ( nota dst ), Cara menyusun laporan dengan mengumpulakan semua catatan harian .
  2. Apabila ada pertanyaan tentang " Apakah pernah berkerja di bagian Adminitrasi " katakan "Ya"   Walaupun sebentar saja ( 2 atau 3 bulan ) dan terangkan sedikit kerjanya seperti keterangan diatas , dan cari alasan " Mengapa Meninggalkan perkerjaan tersebut " dengan alasan yang bisa diterima seperti : Kerja sebagai tenaga pengganti atau alasan lain yang tidak menimbulkan pikiran negatif si Pemberi Wawancara.
  3. Usahakan setenang mungkin saat Wawancara, dan jawablah setiap pertanyaan dengan sedikit kemantapan sehingga meyakinkan pemberi wawancara.
  4. SETELAH  anda diterima kerja,  usahakan seAktif mungkin ARTINYA  bila ada masalah yang sekiranya atasan perlu tahu segera sampaikan , tapi jangan lupa ANDA harus juga berikan pendapat alternatif penyelesaian, saat menyampaikan , Ini adalah nilai plus bagi anda.
Sebenarnya hal diatas bisa anda jabarkan menjadi lebih luas , tapi yang lebih penting , mudah-mudahan bisa membantu lolos dalam seleksi awal , dan bisa memperluas wawasan anda. Jangan pernah dilupakan “ KESUKSESAN SELALU MENANTI ANDA “.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar