Aturan Bermain Uno

Permainan kartu merupakan sebuah permainan, biasanya disebut dengan -card games-. Permainan ini sendiri memiliki beragam jenis kartu, mulai dari kartu remi, kartu domino, hingga kartu Uno yang kini semakin populer di Indonesia salah satunya adalah kartu Uno. UNO (bahasa Spanyol dan bahasa Italia "satu") adalah sebuah permainan kartu yang dimainkan dengan kartu dicetak khusus (lihat Mau Mau untuk permainan yang hampir sama dengan kartu remi biasa). Permainan ini dikembangkan pada 1971 oleh Merle Robbins. Sekarang ini merupakan produk Mattel.


Setup: 
setiap pemain dibagikan 7 kartu, kartu diletakkan terbalik, jangan sampai pemain lain melihat kartu yang dimiliki pemain lainnya. Sisa kartu adalah bandar.

Game Play: 
pemain dengan giliran pertama (biasanya yang termuda) mencocokkan kartu-kartu miliknya. Dengan cara mencocokkan angka atau warna kartu. Jika tidak ada yang cocok maka pemain tersebut boleh mengambil satu kartu di bandar. Kesempatan mengambil kartu di bandar hanya sekali, lalu permainan berlanjut dengan giliran sesuai arah jarum jam.

Ketika ada pemain yang hanya memiliki satu kartu, pada saat itu dia harus berteriak UNO. Jika dia ketahuan oleh pemain lain, maka dia harus mengambil dua kartu lagi. Permainan berhenti dan skor dihitung ketika ada seorang pemain yang kehabisan kartu.

Cards:
Reverse” – jika permainan digilir dengan cara searah jarum jam, maka jika kartu ini keluar, permainan harus dijalankan dengan kebalikannya.

Skip” – ketika kartu ini keluar, maka pemain setelah pemain yang mengeluarkan kartu ini tidak mendapat giliran main.

Draw Two” – pemain setelah pemegang kartu ini harus memilih dua kartu baru tapi tidak mendapat giliran main.

Wild” – kartu ini mewakili empat warna, maka pemilik kartu dapat dengan bebas memilih warna untuk dicocokkan sesuai keinginannya.

Wild Draw Four” – pemain dengan giliran setelah pemilik kartu ini harus mengambil 4 kartu baru dan tidak mendapat giliran main, lalu pemilik kartu dapat memilih warna yang dia inginkan dari kartu tersebut, dengan SYARAT dia tidak memiliki kartu yang dapat dicocokkan.


Scoring:
  • Kartu dengan angka 0-9 bernilai 0-9
  • Draw Two – 20
  • Reverse – 20
  • Skip – 20
  • Wild – 50
  • Wild Draw – 50

Sumber : http://selfbside.wordpress.com/2012/07/06/cara-bermain-uno/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar