google exact match domain EMD : SEO

Setelah baca-baca postingan tentang tips sebelum membeli domain akhirnya saya nemu juga ilmu baru tentang google SEO, yang katanya denger-denger adalah google EMD (exact match domain) Update. nah bagi temen-temen yang penasaran seperti apa itu google exact match domain EMD bisa dibaca disini. monggo... Arie


Salah satu strategi SEO yang berfokus pada penggunaan keyword adalah dengan menuangkan keyword target ke dalam nama domain. Nama domain yang benar-benar mengandung keyword dengan urutan dan susunan yang sangat tepat disebut sebagai exact match domain (EMD). Strategi ini bisa dibilang sebagai strategi onpage SEO yang paling mendasar, keyword diletakkan pada tempat-tempat strategis dimana Google dapat melihat visibilitasnya dengan mudah. Dan, tentu saja, tempat yang paling strategis adalah: Nama Domain.

Google kemudian melihat bahwa strategi tersebut selalu dimanfaatkan oleh situs-situs berkualitas rendah untuk mempercepat visibilitas dan pencapaian ranking di search engine. Dengan kata lain, Google melihat bahwa situs-situs EMD sebagai spam terbesar karena cukup mampu mengalahkan situs-situs berkualitas tinggi dengan penggunaan EMD. Oleh karena itulah update ini diluncurkan.

“Google EMD Update” dan Fenomenanya

Para webmaster dan online marketer sebenarnya sudah mengendus update ini jauh-jauh hari, dan beberapa yang jeli kemudian menjauhkan strategi ini dari kamus optimasi search engine mereka. Namun, tidak ada yang menduga update EMD Google akan dilakukan secepat ini, dan… sehebat ini.

Setelah menggadang-gadang sekian hari, yaitu setelah diluncurkannya Google EMD Update pada 28 September 2012 lalu, akhirnya efek EMD update ini terasa juga di Indonesia. Beberapa webmaster yang berkorespondesi dengan saya menyampaikan bahwa website yang mereka kelola mengalami penurunan traffic secara signifikan, dan satu signal yang membuat saya menyimpulkan bahwa Google EMD benar-benar telah bekerja adalah: website mereka sama-sama menggunakan EMD. Untungnya, saya sempat mengendus Google akan mentarget website-website semacam ini dari beberapa forum internasional dan kemudian menyarankan klien-klien baru saya untuk tidak menggunakan EMD. Namun demikian, mereka masih boleh menggunakan apa yang saya sebut sebagai semi EMD, namun dengan identitas yang lebih bersifat brand. Sebagai contoh, pada blog ini, saya menggunakan dua jenis kata atau keyword dimana salah satunya bukanlah keyword umum, atau ketika digabungkan dengan keyword utama (Web) menjadi sebuah brand (Taut Web). Dengan demikian, masih ada satu kata kunci yang tetap bisa ditarget ketika digabungkan dengan title posting, keyword “Web” akan “memberikan” bantuan pada keyword lain yang saya target pada judul sebuah posting (artikel).

Berikut adalah salah satu contoh mengenai hebatnya Google EMD Update, saya melihat pergeseran besar pada indeks SERP pada keyword “Lowongan Kerja Terbaru”. Ini adalah screenshot 8 urutan teratas yang saya ambil pada saat membuat artikel ini (note: search saya lakukan secara anonymous, artinya saya keluar dari akun Google [menggunakan incognito window milik Chrome]):




Saya melihat situs salah satu klien saya selamat dari update ini, dan masih tercantum pada indeks di atas. Situs tersebut menggunakan semi EMD ditambah dengan keyword brand. Optimalisasi SEO dengan link building pun tidak menggunakan exact macth keyword, dan menggunakan loong tail keywords yang variatif guna menghindari serangan Penguin. Hasilnya, situs ini selamat dari kedua update tersebut, dan masih berada di 10 teratas. Catatan  penting lainnya, seperti yang terlihat pada gambar, tidak ada satu situs pun yang menggunakan EMD ada di urutan teratas., Saya cek hingga beberapa halaman di belakangnya, dan tidak satupun situs yang menggunakan EMD ada di dalam halaman-halaman tersebut. Benar-benar mencengangkan! Dan hasil yang paling mencengangkan lagi adalah pada keyword “lowongan kerja”, tidak ada satupun situs dengan domain mengandung keyword “lowongan kerja” ada di halaman pertama, coba cek saja.

Satu fenomena lain yang saya alami berkaitan dengan EMD ini adalah situs social bookmarking saya yang memiliki nama domain sangat unik   dan tidak berkaitan dengan keyword yang saya target: blogmarkit.info. Dari nama domain saja sudah sangat jelas bahwa tidak ada satu keyword pun yang mewakili target keyword (kata “Mark” tidak berhubungan dan tidak akan diasumsikan oleh Google sebagai bagian dari kata “bookmark”), sehingga murni itu adalah sebuah brand. Anehnya, Google melihat itu sebagai exact mach domain dari exact match keyword “Blog Mark It”. Jelas bahwa Blog Mark It bukan generic keyword, tidak akan ada orang yang mencari dengan kata-kata itu kecuali mencari website blogmarkit.info itu sendiri. Saya melakukan optimalisasi dan link building dengan menggunakan keyword tersebut untuk memperkuat brand. Sejauh dilakukan, hasilnya cukup memuaskan dan cukup meningkatkan visibilitasnya.

Tapi kemudian anehnya, situs ini juga terdampak EMD update tersebut! Jika anda mencari website ini dengan keyword BlogMarkIt, maka hanya akan muncul halaman-halaman website lain yang memuat keyword Blog Mark It (situs analisis/value, blog yang merekomendasikan blogmarkit.info, dll) tapi bukan website BlogMarkIt itu sendiri. Lebih aneh lagi, situs ini justru memiliki rank yang baik jika dicari dengan generic keyword sesuai niche/tema-nya. Ini fenomena yang benar-benar terjadi dan jelas menunjukkan kelemahan algoritma Google EMD yang baru diluncurkan itu.

Di sisi lain, masih ada banyak situs-situs EMD yang berhasil lolos ketika saya melakukan cek pada keyword-keyword dengan pencarian terbanyak lainnya. Ada dua faktor tentunya: Yang pertama, situs yang lolos tersebut “dianggap berkualitas” oleh Google (meskipun ini masih menjadi tanda tanya besar, karena banyak situs berkualitas yang juga terdampak EMD update). Kedua, situs-situs tersebut memang belum terdampak EMD Update.

Sumber : http://tautweb.com/fenomena-google-emd-update-dan-tips-mengatasinya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar