Tujuan Lowongan Perusahaan Company Confidential

Akhir-akhir ini kerjaan ane adalah menjadi seorang jobseeker, maklum,.. baru lulus kuliah.. Arie mau gak mau ane kudu aktif dalam beberapa website yang menyediakan informasi lowongan kerja tiap harinya, ikutan berlangganan via email dan lain-lain. tapi yang sering ane jumpain adalah lowongan kerja mengatas namakan diri nya dari Company Confidential. nah, sudah ada yang tau belum maksudnya dari lowongan pekerjaan Company Confidential tersebut?

Company Confidential bukan lah nama dari suatu perusahaan PT.Company Confidential, melainkan nama perusahaan yg dirahasiakan. *jangan-jangan perusahaan Yakuza ini mblo...* Arie

lantas kenapa niatnya mencari karyawan baru tapi kog nama perusahaan tersebut di rahasiakan?

ada 2 alasan yang ane kutip dari blog tetangga. http://puguhzone.blogdetik.com/2012/12/27/sekilas-tentang-company-confidential/

Alasan baik dan buruk nya kenapa terkadang perusahaan menyembunyikan identitas nya. Arie


Alasan Baik nya :
perusahaan ingin menyembunyikan jati dirinya dari pencari kerja dengan maksud agar perusahaan bisa mencari dan mendapatkan calon pegawai secara objektif dan sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan.

lhoo kok begitu?? iya, biasanya bila di halaman web itu sudah tertera nama perusahaan, sekilas tentang perusahaan, alamat perusahaan, dll. Maka, sang pencari kerja pasti akan mencari tahu tentang perusahaan tersebut, mungkin lewat google, mungkin tanya2 teman, dll. sehingga tidak jarang pencari kerja yang berusaha menjadikan dirinya agar sesuai dengan perusahaan itu. misal dengan mengedit CV. atau bila perusahaan itu berkaitan dengan bidang IT, maka dia sudah siap2 dengan membaca artikel2 tentang IT, dengan tujuan agar saat wawancara nanti mereka sudah seperti menguasai bidang IT.

kasus2 seperti ini tidak jarang membuat perusahaan banyak yang kecolongan merekrut orang2 yang ternyata tidak sesuai dengan yang dibutuhkan, itu karena pada saat wawancara mereka terlihat seperti mampu (karena sudah siap2 tadi), tapi ternyata saat mulai bekerja tidak sesuai yang diharapkan.

Alasan inilah yang membuat banyak perusahaan merahasiakan jati diri perusahaannya saat memasang iklan di situs2 pencari kerja.

Alasan Buruk nya :
karena alasan lain adanya iklan lowongan itu (yang tidak mau menyebutkan jati dirinya) adalah dengan tujuan untuk melakukan penipuan.

Seperti perusahaan2 fiktif yg hanya bermodalkan menyewa gedung, lalu mereka memasang iklan di berbagai media. kemudian mereka menjanjikan akan menyalurkan para pencari kerja itu kepada perusahaan2 yg bekerja sama dengan mereka. Dengan syarat, para pencari kerja ini menyetorkan sejumlah uang yang diminta oleh perusahaan fiktif itu. namun setelah menyetorkan sejumlah uang, tidak ada pekerjaan yang didapatkan.

Nah, mereka ini juga biasa memasang iklan dengan merahasiakan jati dirinya, atau dengan memakai nama fiktif.


ya semoga saja kita para pencari kerjaan di berikan kemudahan dalam mencari rejeki yang Hallah dan barokah di dunia maupun di akhirat. aminn.. Arie

Sumber : http://puguhzone.blogdetik.com/2012/12/27/sekilas-tentang-company-confidential/

2 komentar:

  1. Untuk Alasan Baik nya, menurut gw agak ngak masuk akal. Hal tersebut dapat terjadi bila orang HR nya kelewat bodoh. Lagian suatu masalah ngak bakalan semudah itu dipelajari. Gw dah 6 tahun kerja di bidang IT sebagai marketer tapi kalo dites untuk jadi programmer ngak bakalan bisa kecuali kalo cuma disuruh meprogram pake HTML n CSS doang.

    BalasHapus
  2. Betul itu, gua sering ketipu, ujung2nya suruh bayarlah..., jual barang apalah..., suruh nyari downline lah..., sudah muak.!!!!

    BalasHapus