Mengatasi Mouse yang sering Macet

pernah gak agan-agan mengalami tiba-tiba mouse macet (kursor mouse macet) tapi setelah di diemin beberapa saat lagi atau beberapa detik gitu mouse kembali bisa di operasikan dengan normal, selang beberapa detik atau menit lagi mouse mulai kambuh lagi, sedangkan lampu optik dan posisi sensor optik mouse dalam kondisi sehat walafiat, pernah ngalami?? gue pernah ini, Arie jadi dari pengalaman pribadi ini, gue mau ngasih tips tentang bagaimana cara mengatasi mouse yang sering tiba-tiba macet sendiri.


begini, mouse sering macet penyebabnya berbeda-beda, ada yang dari segi hardware mouse itu sendiri, bisa juga karena hardware komputer yang agan pakai, bisa jadi komputer agan juga lagi terjangkit virus. 

untuk itu bagi agan yang senasib ama gue bisa coba ikuti apa yang sudah gue praktikan selama ini : Arie

dari sisi perangkat lunak :
  • bisa jadi karena virus yang menyerang OS (operating system) agan, jadi coba scan dengan antivirus yang terupdate.
  • bisa jadi juga mungkin driver USB (mouse USB) agan yang belum terinstall dengan benar.

dari sisi Hardware :
  • ketika mouse macet, coba cek, apakah optik mouse masih menyala dengan baik. kalau memang ketika macet optik mouse tidak menyala sedang kabel USB sudah terpasang dengan benar, bisa jadi mouse agan lah yang rusak
  • coba cek apakah port (colokan) USB Mouse maupun komputer berkarat? kalau memang iya, bisa jadi itu penyebabnya, silahkan agan bersihkan port tersebut dari karat yang menempel pada masing-masing port (port USB mouse dan Port USB komputer).
  • yang terakhir, bila memang masih bandel, dan masih macet-macet lagi bisa jadi masalah kabel mouse agan. coba letakan kabel mouse agan di tempat yang bener. (selama ini tips ini yang gue pakek, dan akhirnya berhasil juga) 

sekian tips pagi hari ini dari gue, kalau ada yang mau nambahin silahkan, dengan senang hati kita dapat berbagi pengalaman. 

Arie


avatarAriePrastyo.Com
"Jangan mengeluhkan hidup kita, karena banyak orang lain yang masih memimpikan untuk hidup seperti kita, Selalu terima dan syukuri dengan apa yang telah Tuhan berikan kepada kita.".

Baca juga postingan yang ber Kategori di bawah ini :



12 komentar:

  1. Punyaku beda,,,port mouse dan PC baik2 sj, tp lmpu optik mouse tak menyala.adakah solusi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, kelihatannya sdah fatal itu.. :)
      coba bongkar mouse nya, mungkin saja ada komponen yang putus atau rusak yang menyebabkan lampu optik tidak menyala..

      solusi terakhir, beli yang baru aja gih.. :)

      Hapus
    2. ko ktika macet lmpu optik mati tp ktka mouse di goyang2in lmpuny nyala lg trus normal lgi ,, tp kdg klo lg parah lmpu optik mat di goyang2in lmpu optik hidup tp mouse ttep macet llu minta di restar kompiny .. kdg btuh 2 x restar klo cm sx kdg ttep mcet .. lbh sering yg ringan dr pd yg parah .. adakah solusi ? ty

      Hapus
    3. coba ganti lokasi USB buat di colokin tuh mouse nya... mungkin aja colokan usb di komputer atau colokan di ujung mouse nya udah berkarat.. itu bisa juga berpengaruh.. solusi nya yang paling mudah, coba pinjem mouse temen yang normal sebentar.. colokin ke kompi, apakah masih sama nasib nya...? :D kalau iya, berarti colokan usb di komputer nya yang bermasalah, kalau enggak.. berarti di mouse nya... :D

      Hapus
  2. gini Mas , Lampu Sensor nYa Masih Hidup , Tapi KURSOR pada Layar Gak Berfungsi Dengan Normal ...


    kasih Saran Mas ,,, ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi kasus nya sama kayak komentar yang di atas ^ bisa jadi juga mungkin alas mouse juga tidak rata, atau bisa juga di lampu sensor kotok, sehingga mengganggu kinerja lampu sensor mouse, coba bongkar dan di bersihakan... :D

      Hapus
  3. mkasih gan ilmu nya...
    mampir2 lah ke ane juga di http://andez09.blogspot.com/
    ato http://cincaucapucino.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. mousenya enable trus disable terus gan, padahal nyala, tp bunyi terus tu gak tau kendor atau apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. bunyi kayak kayak USB lagi di cabut dan di tancepin komputer ya...? kalau iya berarti gak stabil itu USB mouse/komputer kamu.. coba bersihin dulu... mungkin aja berkarat.. :D

      Hapus
  5. wah persis nih gan sama masalah ane sekarang,tapi kalo ditancepin Modem sama Flashdisk bisa lancar lancar aja gan :3 cuma di mouse aja yg kadang bisa kadang nggak,mousenya jg dah dicoba di laptop temen malah lancar jaya :3

    BalasHapus
  6. Saya juga mengalaminya seperti itu gan, saat mouse digerakan terkadang suka berhenti tiba-tiba dan kemudian bergerak lagi, jengkel sekali gan.
    saya coba dulu tips dari anda , terimakasih sharenya, salam sukse

    BalasHapus

Slots