Menghitung Tarif JNE Berdasarkan Besar Paket

Hari ini rencana gue mau kirim jam tangan sebanyak 12Pcs pesenan reseller gue yang ada di BATAM sana, jam tangan sebanyak itu akan gue kirim ke BATAM menggunakan jasa expedisi JNE. Seandainya packing gue semrawut, asal naruh masukin jam tangan ke box tanpa kudu mikir resiko keamanan jam tangan tersebut, gue rasa biaya pengiriman cuma dibawah 1Kg alias 26000 saja untuk pakek REG, gak akan sampai lebih kena biaya lebih dari 1 KG, tapi ya gitu, kalau asal naruh n kirim, rasanya jadi seperti kayak naruh kucing dalam karung lantas di paketin pakek JNE, selama 4-5 Hari berada di dalem karung JNE kucing gak di kasih makan, idup atau mati terserah, yang penting pesanan terkirim Arie jadi seperti "membeli bangkai kucing dalam karung" Arie



Bukan Sponsor dari Blog ini, :p
Setelah 12Pcs jam tangan itu gue packing rapi, gue kumpulin jadi 1 n gue bungkus ternyata volume paket gue T:30Cm L:22cm P:22cm sedangkan berat gue rasa gak sampai 1KG.



Sekarang pertanyaan nya,Arie"berapa tarif ongkos kirim paket jam tangan yang akan budi kirim ke BATAM? Apakah tetep di kenakan ongkos kirim dibawah 1KG (Rp.26.000,-)??"



Dan jawabannya adalah : TIDAK.



Alasannya, setiap pengiriman paket yang di terima oleh JNE dengan volume paket yang lumayan gede tapi berat cuma se upil, maka JNE akan memberlakukan biaya Volume paket, bukan berat paket.


apa itu Volume?? Arie
coba tanya ke emak.. Arie


untuk menghitung berapa besar tarif nya, JNE menggunakan rumus berikut : 
Rumus nya : P x L x T / 6000


Jadi jika panjang paket gue tadi 22Cm, lebar 22Cm dan tinggi 30cm maka ongkos yang harus gue keluarkan untuk tujuan ke batam adalah : 2,42KG bukan lagi 1kG.



Jadi ongkos yang harus gue keluarkan ya 52000 2KG.



Eh, tapi kenapa kog cuma bayar 2KG? Padahal kan hasil perhitungan nya jadi 2,42KG.. bukannya di bulatkan jadi 3KG?? Arie



Ini hasil dari pengalaman gue pribadi dan hasil dari gue baca-baca juga di internet, bahwa jika JNE memberlakukan ongkos volume (berat se upil, tapi paket bungkus nya gede) maka setiap hasil perhitungan nya akan dibulatkan.



Jadi hasil perhitungan volume gue tadi yang 2,42KG dibulatkan ke bawah jadi 2kG, tapi seandaianya hasil perhitungan volume paket gue tadi 2,52 maka akan dibulatkan jadi 3kG. 


jadi jangan kaget, kalau seandainya lo beli Helm nya Kamen Rider  di toko online dikenakan tarif ongkos kirim 5KG ya... lihat tuh... antena nya aja udah ngabisin ruang 3KG tuh.. Arie
kamen rider

Jadi pesen gue jika kalian mengirimkan paket lewat JNE pastikan juga besar kecil ringan berat dan ke amanan isi dari paket tesebut ya.. Arie

Arie

Tidak ada komentar:

Posting Komentar