8 Parasit Yang Menakutkan

Parasit, kalian pasti udah familiar banget dengan kata parasit.. apa lagi buat kalian yang suka di khianati oleh sang kekasih.. bisa di bilang "parasit" juga kan ya... Arie soal nya parasit itu adalah suatu organisme yang untuk kelangsungan hidupnya menggantungkan sebagian atau seluruh sumber energinya pada organisme lain (yang sering disebut inang) dan mengakibatkan inangnya mengalami kerugian.. cocok banget deh buat sebutan mantan yang udah mengkhianati cinta yang tulus dari kalian (inang nya).. Arie apa lagi yang matre.. Arie berikut gw mau sharing tentang 8 contoh macam Parasit Ganas yang menakutkan


1. Cymothoa exigua: Parasit yang Menggantikan Lidah Ikan
Juga disebut "lidah-makan kutu," parasit ini dari keluarga Cymothoidae, mereka memasuki ikan lewat insang, kemudian menempel pada dasar lidah ikan. setelah berada di lidah ikan, hewan ini sebenar nya tidak terlalu bahaya bagi manusia kecuali kalau ikan tersebut di makan mentah-mentah oleh kita.. Arie
Parasit lidah ikan



2. Loa Loa: Cacing Mata Afrika
Umumnya dikenal sebagai "cacing mata," parasit ini masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan lalat rusa dan mengeksplorasi alam subkutan ke inangnya, merangkak di bawah kulit selama bertahun-tahun, sampai suatu hari penderita nya merasa ada sesuatu yang aneh di matanya . seperti film horor, penderita nya melihat di cermin dan menemukan menggeliat cacing kecil tepat di bawah permukaan bola mata. Mereka biasanya ditemukan di Afrika dan India, dan efek nya bisa membuat mata sering gatal dan nyeri sendi karena kelelahan bahkan kematian.
Parasit Cacing Mata Africa


3. Dracunculus medinensis: Cacing Guinea 
Umum dikenal sebagai "cacing Guinea," ini adalah salah satu parasit manusia tertua yang bisa didokumentasikan, Parasit ini memasuki inang nya setelah menelan air yang terkontaminasi dengan copepoda (kutu air) dengan larva cacing guinea. Setelah setahun kemudian, cacing membuat kulit inang nya (manusia), biasanya pada tungkai atau kaki. 
Parasit Cacing Guinea

4. Ophiocordyceps Unilateralis: Jamur Parasit yang mengubah semut menjadi Zombie
Semut yang terinfeksi dikenal sebagai "semut zombie." Seperti sesuatu di film - film zombie, jamur parasitoidal ini menginfeksi semut dan mengubah perilaku mereka, semut yang terinfeksi biasanya akan jatuh dari pohon di mana ia biasanya tinggal, Sementara itu, jamur ini mengkonsumsi jaringan di dalam tubuh semut tersebut, dan tumbuh di luar tubuh nya, melepaskan spora nya.
parasit jamur semut menjadi zombie

5. Cotesia glomerata: Parasit dari Sengatan Tawon
Parasit Embrio tawon yang konon dikenal sebagai inspirasi utama di balik lahir nya adegan dalam film horor 1979 Alien.
Parasit memasuki inang nya melalui tawon yang menyengat pada kepompong, dan virus itu akan berkembang sekitar 14 hari kemudian. lewat DNA inang nya mereka mulai menggerogoti tubuh inang nya.. sampai pada akhirnya terbentuk lah tawon baru yang muncul dari dalam tubuh ulat atau kepompong tersebut.
Parasit Tawon

6. Sacculina: menggerogoti Kepiting
Parasit ini sebagian menggerogoti inang nya yang cukup untuk mengontrol reproduksi seksual mereka, Jika inang nya adalah kepiting perempuan, parasit ini akan membentuk dirinya seperti kepiting kecil yang seolah - olah anak dari kepiting tersebut. sehingga sang induk (kepting perempuan) tersebut akan mengira itu adalah anak mereka dan akan membawa atupun memelihara anak nya yang tak lain sebenar nya adalah parasit.
Parasit anak kepiting

7. Niphanda Fusca: Ulat Parasit yang hidup nya memanfaatkan semut
Sebagai ulat, ulat parasit ini mencuri sumber nutrisi dari spesies semut yang dikenal sebagai Camponotus japonicas. Mereka pertama kali memasuki sarang semut dan memperoleh pengasuhan dari semut pekerja dengan mengeluarkan bahan kimia yang meniru bahwa dari japonicas Campontus. Ulat terus diberi makan oleh semut dalam sarang sampai pada akhirnya si ulat tumbuh dewasa dan menjadi kupu-kupu.
Parasit ulat

8. Dodder: Tumbuhan Pemangsa Tumbuhan
Tumbuhan parasit ini menyebar bak api, dia memanfaatkan inang nya yang tak lain adalah tumbuhan disekitar nya juga.
Parasit Dodder

Tidak ada komentar:

Posting Komentar